Manusia pada dasarnya seneng main. Siapa sih yang ngga suka main game? Game disini bukan berarti cuman sebatas Video Game. Yang namanya game alias permainan itu luas konteksnya. Apapun jenisnya kita punya ketertarikan akan kondisi dimana kita dihadapkan dengan suatu permasalahan yang menantang. Sepanjang proses pencarian solusi ini, banyak hal yang kita pelajari yang bisa nambah pengalaman kita. Dengan kata lain ada kemajuan yang kita capai. Di akhir pemecahan masalah, kita dapet penghargaan baik yang sifatnya fisik maupun non-fisik.
Beragam jenis permainan fisik baik indoor maupun outdoor pasti pernah kita mainin sewaktu masih bocah. Seiring berkembangnya jaman, jenis permainan kita juga mengalami evolusi. Ngga cuma permainan fisik yang bisa kita mainin, tapi juga permainan digital seperti Video Game yang kita kenal sekarang.
Kalo kalian sebelumnya udah baca berbagai manfaat game buat peningkatan keahlian dan kesehatan, sampe manfaatnya bagi kehidupan sosial, kalian sadar ngga sebenernya potensi game jauh lebih besar dari itu?
Yang namanya main pasti nyenengin dong. Siapa coba yang ngga suka? Dengan main, stress dari kerjaan bisa ilang seketika. Jujur aja deh, kalo misalnya lo puyeng berat gara-gara tugas sekolah atau kuliah, pasti stress lo bakal ilang dengan ngegame. Apalagi kalo LAN party rame-rame bareng temen. Yang tadinya bete gara-gara tugas sampe urat di jidat nyembul, jadi diganti ama gelak tawa pas ngegame bareng temen. Atau pas lagi penat jam kerja kantor, nyolong kesempatan buat ngegame bentar buat refreshing. Tapi begitu kegep ama bos, ternyata bosnya malah ikutan main karena ternyata ikutan stress juga. Bukan stress karena kerjaan, tapi stress mikirin anak buahnya yang suka cari waktu colongan buat ngegame di jam kerja. Haha!
Tapi ada benernya juga lho. Ngegame itu selain mewarnai hidup kita, juga bisa meringankan beban pikiran sekaligus mempermudah pemahaman akan suatu masalah.
APA SIH GAMIFICATION ITU?
Mungkin kalian udah pernah denger istilah Gamification. Penerapan konsep bermain game dalam lingkup non-game ini sebenernya udah cukup lama kita alami baik sadar maupun ngga. Dengan gamification kita jadi lebih gampang memahami hal-hal diluar lingkup game, tentunya dengan cara yang lebih fun.
Ada yang inget waktu SD pernah dapet pelajaran mengetik cepat di software dengan User Interface video game? Kalo cara ngetik kita lambat, maka cursor kita yang berbentuk cacing bakal dimakan ular yang ngejar dari belakang. Mungkin di antara kalian masih ada yang suka main Foursquare? Selain bisa check-in di berbagai tempat nongkrong keren di kota yang kalian kunjungi, kalian juga bisa nulis review dari tempat nongkrong kalian check-in itu. Sebagai reward atas kontribusi kalian, banyak jenis medali dengan beragam warna dan ilustrasi yang bisa kalian dapet. Suka mager pas liburan dan butuh motivasi buat olahraga? Pocari Sweat punya aplikasi Go Sweat Go Ion yang mengkombinasikan game dengan olahraga supaya aktivitas olahraga lebih seru dan menantang.
Masih banyak contoh gamification di sekitar kita yang sering kita alami baik secara sadar atau ngga.
KENAPA HARUS GAMIFICATION?
Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, dengan gamification kita jadi lebih gampang memahami hal-hal diluar lingkup game, tentunya dengan cara yang lebih fun.
Gamification bisa menciptakan interaksi hubungan yang erat antara pelaku/pemain dengan permasalahan yang mereka hadapi. Kenapa? Dengan proses gamification, pemahaman akan masalah yang dihadapi bakal lebih mudah karena si pelaku ngga sekedar jadi penonton aja tapi juga jadi pelaku utama di dalamnya.
Seperti pengalaman gue ketika main HabitRPG. HabitRPG adalah aplikasi open source yang ngebantu kita memantau progress sederet jadwal kegiatan harian selayaknya game Role Playing Game alias RPG. Makin kita rajin dan tepat waktu dalam menyelesaikan daftar kegiatan kita, kita bisa dapet reward yang jenisnya kita tentuin sendiri.
Konsepnya sama seperti Self-Reward di kehidupan nyata. Ngga dipungkiri kita pasti bakal ngerasa capek akan kerjaan kita. Tapi dari hasil kerja keras kita pasti kita punya pendapatan. Kita bisa manfaatin gaji pendapatan kita buat nyenengin dan mencoba lebih menghargai usaha yang udah kita lakuin dengan belanja barang yang mungkin udah lama kita pengen. Kita bisa bikin target prestasi apa yang kudu bisa kita capai tiap bulan, dan jenis self-reward apa yang pantes kita dapet. Tapi tetep inget pemilihan self-reward kudu seimbang dengan total pendapatan kita perbulannya kalo ngga mau tekor :p. Dengan proses gamification ini lo bisa berlatih buat jadi pribadi yang lebih disiplin, bisa menghargai diri sendiri, dan tentunya lebih bijak dalam mengatur keuangan.
Ada satu contoh lagi gamification yang gue rasa cukup seru dan gede tantangannya. Gue yakin banyak banget orang, terutama pelajar (mahasiswa) biasanya yang punya masalah dengan yang namanya bangun pagi. Banyaknya tugas yang bikin lembur tiap malem, bikin susah banget buat bangun pagi. Kadang biarpun udah bangun, kita cuma mencet tombol snooze dengan harapan bisa tidur bentar lagi. Kenyataannya justru terus molor kan? Coba ganti alarm smartphone lo dengan Freaky Alarm deh. Dijamin ini alarm ngga bakal diem sebelum lo mecahin puzzle game yang lo tentuin sendiri buat bikin bunyi alarm ini mati. Mau tidur lagi? Jangan harap deh! :p
Pada dasarnya sih gamification dalam hidup kita ngga semata-mata mengubah cara pandang kita akan hidup dengan sisi yang lebih fun. Gamification juga bikin kita ngerti pesan tentang apa sih yang sebenernya sedang terjadi di sekeliling kita. Ngga jarang kita nemuin gamification yang punya filosofi begitu dalem.
Penasaran dengan bentuk-bentuk gamification yang gue maksud? Woles aja sob, karena artikel ini baru permulaan. Di artikel mendatang gue bakal mencoba ngebahas sisi pengalaman hidup kita sebagai manusia dengan penyampaian pesan lewat proses gamification. So, pantengin terus artikel Gamification cuma di portal game favorit kalian, Gamexeon.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar